Foto: Perayaan Misa Jelang New Normal

Minggu 7 Juni 2020, jelang new normal sejumlah gereja di wilayah Keuskupan Agung Samarinda sudah kembali dibuka.

Terlihat sejumlah aturan protokol kesehatan diterapkan cukup ketat, baik sebelum masuk ke dalam gereja maupun saat berlansungnya Perayaan Misa. Perayaan Misa di adakan dengan cara dijadwalkan dari setiap lingkungan yang ada di paroki masing-masing. Ini mengantisipasi membludaknya umat yang hadir saat mengikuti Perayaan Misa. Sesuai surat edaran Uskup Agung Samarinda per tanggal 30 Mei 2020 mengenai kebijakan Pastoral dalam menyambut New Normal di Gereja Katolik Keuskupan Agung Samarinda, maka untuk sementara waktu Perayaan Misa hanya dilakukan di pusat Paroki sampai ada ketentuan selanjutnya dari Keuskupan.

Sejumlah aturan yang diterapkan pada masa tatanan baru ini antara lain, umat yang hadir wajib membawa masker dan hand sanitiser, umat yang sedang sakit, usia lanjut dan anak-anak dianjurkan untuk mengikuti misa secara live streaming dari rumah masing-masing.

Petugas berjaga-jaga didepan gereja dengan jarak aman, mengarahkan umat untuk mengikuti prosedur protokol kesehatan (*Gereja St.Lukas Temindung, Misa Minggu 7 Juni 2020 pukul 6 pagi )
Umat masuk ke bilik desinfektan secara bergantian
Wajib mencuci tangan sebelum memasuki gereja
Pengecekan suhu tubuh oleh petugas, suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,5 c
Umat duduk didalam gereja dengan menjaga jarak aman
Petugas paduan suara hanya 1 orang dan pemusik
Menjaga jarak aman dengan tertib saat penerimaan Komuni