Peresmian dan Pemberkatan Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda

Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Kaltim dan Uskup Agung Samarinda

Keuskupan Agung Samarinda.Telah dilangsungkan Peresmian dan Pemberkatan Gedung Wisma Pastor bertempat di Aula Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda, Jl. DI.Panjaitan No.59A Kota Samarinda, Selasa (25/02/2020)

Peresmian Gedung Wisma Pastor ditandai dengan penyerahan berkas dan kunci oleh Ibu Ratna selaku Kontraktor kepada Gubernur Kaltim, Selanjutnya diserahkan kepada Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto. MSF. Dilanjutkan dengan pengguntingan untaian melati didepan pintu masuk Wisma Pastor dan penandatanganan Prasasti peresmian.

Pada acara ini turut hadir Wawali Kota Samarinda Barkati, S.Sos MH, Kasatpol PP Prov. Kaltim, Gede Yuse, Ketua FKUB Kaltim, H Asmuni Ali, Danrem 091/ASN yang diwakili Kasi Log Korem 091/ASN, Kolonel Inf Erwin Ferdinad Barends, Polsek Sungai Pinang, AKP Budiarso, Lurah Gunung Lingai M Joni SE, Sekcam Sungai Pinang, H Didi Zulyani S STP, MSi, Serta Para Pastor dan Suster Keuskupan Agung Samarinda

Pastor Kasmir selaku panita pembangunan dalam laporannya menyampaikan, Gedung Wisma Pastor yang lama kurang memadai sebagai sarana pertemuan Pastoral se Keuskupan Agung Samarinda, sehingga disepakati untuk membongkar bangunan Wisma Pastor yang lama dan membangun Wisma Pastor yang baru. Gedung Wisma Pastor yang baru mulai di bangun pada 7 Januari 2019 dan selesai pada Senin 24 Februari 2020, sedangkan sumber dana ialah dari Swadaya, Pemprov Kaltim serta para Donatur.

Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto dalam kata sambutannya menyampaikan pada hari ini ( 25 Februari 2020 ) merupakan hari spesial bagi Keuskupan, karna bertepatan pula dirayakan berdirinya Keuskupan Agung Samarinda yang saat ini genap Berusia 65 Tahun, Sedangkan tanggal berdirinya yaitu 21 Februari 1950.

Mgr. Yustinus Harjosusanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Kaltim yang bersedia mendanai sebagian besar pembangunan Gedung Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda. Gedung Wisma Pastor ini sudah lama dirindukan, baik untuk para Pastor, para tokoh-tokoh umat, Komisi-Komisi serta OMK yang nantinya akan mengadakan pertemuan di gedung ini. tidak secara khusus hanya untuk kegiatan Pastoral, Gedung Wisma Pastor ini juga dibuka untuk kelompok-kelompok lain yang kiranya tertarik untuk menggunakan Gedung Wisma Pastor ini.

Gubernur Isran Noor menyampaikan rasa syukurnya karena Gedung Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda, telah selesai dibangun dan sudah bisa dipergunakan dengan baik. Sehingga pembangunan dan pembinaan dibidang keagamaan dapat terus maju dan berkembang.

Gubernur Kaltim Isran Noor berharap agar semua pihak dapat menjaga keamanan, ketertiban dan ketenangan antar umat beragama ditengah kehidupan masyarakat Kaltim, khususnya di Kota Samarinda.

Usai Peresmian, pada sore hari pukul 18.00 WITA, dilanjutkan Pemberkatan Gedung Wisma Pastor, bertempat di Aula Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda. Pemberkatan dimulai dengan perayaan Misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto serta para Imam Kasri, Pastor Agus Riyanto, Pastor Moses Komela Avan, Pastor Kasmir dan Pastor Willfridus Samdrigawijaya.

Perayaan Misa dihadiri oleh umat, para tamu undangan, donatur, para Pastor dan Suster se Keuskupan Agung Samarinda. Pada Misa ini diadakan pemberkatan Gedung oleh para Pastor dengan memerciki air berkat ke seluruh ruangan dan patung Yesus oleh Uskup Agung Samarinda.

Pemotongan tumpeng oleh Uskup Agung Samarinda

Usai Misa, acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang berlangsung meriah, pada acara ini dilakukan pemotongan tumpeng oleh Mgr. Yustinus Harjosusanto. MSF dan dilanjutkan dengan santap malam bersama.

Selamat dan Proficiat atas dilaksanakannya Pemberkatan dan Peresmian gedung Wisma Pastor Keuskupan Agung Samarinda.

Leave a Reply