PERESMIAN GEREJA HATI KUDUS YESUS (HKY) MANGKUPALAS SAMARINDA

Keuskupan Agung Samarinda – Paroki Hati Kudus Yesus Mangkupalas. Suka cita menghiasi wajah segenap umat yang hadir. Berlangsung peresmian Gereja Hati Kudus Yesus Mangkupalas (HKY) Samarinda pada Rabu, (29/01/2020)

Gereja ini diresmikan langsung oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor bersama Uskup Agung Samarinda Mgr.Yustinus Harjosusanto MSF. Yang ditandai dengan pengguntingan untaian melati pintu masuk gereja serta penandatanganan prasasti.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan rasa bangganya karena kegiatan keagamaan berjalan baik. Bahkan keharmonisan dan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarskat di Kaltim masuk dalam zona hijau di Indonesia.

“Kaltim tidak pernah terjadi konflik SARA, antar agama maupun antar suku. Sebab masyarakat kita memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjalankan toleransi beragama demi menjaga persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya,” tuturnya.

Bagi Gubernur Isran, peresmian gereja ini akan semakin menjalin kebersamaan dan keberagaman hingga keharmonisan di Kaltim, khususnya Kota Samarinda bisa terus dibangun dengan baik, sekaligus memperkuat kerukunan umat beragama.

Pada kesempatan yang sama Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Kaltim yang telah membantu dana hibah untuk pembangunan Gereja Katolik HKY Mangkupalas sehingga bisa selesai dan diresmikan langsung oleh Gubernur Isran Noor.

“Oleh karena itu, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemprov Kaltim yang telah membantu pembangunan gereja ini secara menyeluruh. Harapan kami, gereja yang representatif ini menjadi sarana kehidupan keagamaan dan iman umat di Paroki HKY Mangkupalas berkembang dan berwujud nyata dalam kehidupan sehari-hari,” Ungkap Mgr. Yustinus Harjosusanto.

Acara peresmian ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Karo Kesra Setdaprov Kaltim H Elto, FKUB Kaltim, para Pastor dan Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Mangkupalas serta tokoh agama. Usai acara peresmian diadakan pula pemberkatan Gereja HKY Mangkupalas yang dilaksankan pada Kamis (30/01/2020).

Leave a Reply