PEMAKLUMAN TAHUN MISI LUAR BIASA KEUSKUPAN AGUNG SAMARIDA

PEMAKLUMAN TAHUN MISI LUAR BIASA
KEUSKUPAN AGUNG SAMARINDA
(20 Oktober 2019 – 20 Oktober 2020)

Rekan-rekan imam, para biarawan-biarawati, para katekis, guru agama, penggiat pastoral, kaum awam, kaum muda, saudara-saudari, seluruh umat Allah Keuskupan Agung yang terkasih dalam Tuhan kita Yesus Kristus.

Pertama-tama kita bersyukur atas kasih setia Tuhan yang menyertai dan melengkapi Gereja dalam mengemban tugas perutusan keselamatan yang dipercayakan kepadanya untuk membawa dan menghadirkan kelamatan bagi seluruh dunia. Tugas perutusan ini menjadi istimewa disyukuri pada tahun ini yang bertepatan dengan 100 tahun Surat Apostolik Maximum Illud dari Paus Benedictus XV. Surat Apostolik ini dipromulgasikan pada tanggal 30 November 1919.

Dalam surat Apostolik Maximum Illud Paus Benedictus XV menyemangati dan mendorong misi suci mewartakan Injil ke segala penjuru dunia. Surat Apostolik ini benar-benar telah mengobarkan semangat misi para misionaris untuk berangkat meninggal tanah air mereka pergi menjumpai orang-orang yang belum mengenal Kristus di berbagai penjuru dunia. Digelorakan oleh dorongan Paus Benedictus XV dalam Maximum Illud para misionaris dengan berkobar-kobar mewartakan Injil di berbagai belahan bumi ini, di tengah bangsa-bangsa, merintis berdirinya Gereja, membangun komunitas umat beriman dan meragi dunia dengan tindakan cinta kasih. Semangat dari Maximum Illud selayaknya kita syukuri di keuskupan kita ini karena telah tersemai, bertumbuh dan membentuk komunitas Umat Allah yang telah berkembang menjadi Gereja Lokal Keuskupan Agung Samarinda yang mandiri saat ini.

Bersyukur atas buah berlimpah Maximum Illud dalam 100 tahun ini serta meyakini pentingnya semangat misi yang sama meresapi perutusan Gereja Lokal Keuskupan Agung Samarinda, maka setelah mempertimbangkan manfaat yang dapat dipetik, saya memaklumkan bahwa peringatan 100 Tahun Maximum Illud di Keuskupan Agung Samarinda dilaksanakan dengan menjadikan satu tahun ke depan sebagai Tahun Misi Luar Biasa di Keuskupan Agung Samarinda. Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda ini dimaksudkan untuk memberi waktu yang cukup bagi Gereja Lokal Keuskupan Agung Samarinda, yakni seluruh umat, untuk mengenang dan bersyukur atas buah-buah semangat dan karya misi yang digelorakan Maximum Illud di masa lalu, merefleksikan keadan dan kebutuhan misi saat ini, serta menyegarkan dan menggelorakan kembali semangat misi Maximum Illud

dalam cara dan bentuk yang cocok supaya tetap menjiwai perutusan misi Gereja Lokal Keuskupan Agung Samarinda di masa mendatang.

Oleh karena itu, sambil memaklumkan Tahun Misi Khusus Keuskupan Agung Samarinda yang akan berlangsung dari tanggal 20 Oktober 2019 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2020, saya mendorong komunitas-komunitas Umat Allah di paroki-paroki, komunitas religius, komunitas kategorial, komunitas kerasulan, komisi-komisi pastoral, kaum muda, penggiat pastoral awam dan seluruh Umat Allah Keuskupan Agung Samarinda untuk berdoa, merencanakan, melaksanakan dan mengkoordinasikan prakarsa-prakarsa pastoral dengan maksud tersebut. Selaras dengan ajakan Bapa Suci Paus Fransiskus kepada seluruh Umat Allah dalam Surat Apostolik menyambut Perayaan 100 Tahun Maximum Illud, kiranya salama satu tahun ke depan, perlu direncanakan dan laksanakan berbagai bentuk kegiatan yang cocok untuk:

Pertama, meningkatkan perjumpaan pribadi dengan Yesus Kristus yang hidup dalam GerejaNya melalui Perayaan Ekaristi, mendengarkan Sabda Allah, doa pribadi dan doa bersama.

Kedua, menggali kesaksian para kudus, para martir missioner dan pengaku-pengaku iman yang menaburkan dan mewartakan iman di tengah bangsa-bangsa, khususnya di Keuskupan kita.

Ketiga, mengadakan pendalaman Kitab Suci, pengajaran katekese, pengolahan hidup rohani dan kajian-kajian teologi tentang misi ad gentes.

Keempat, mengembangkan tindakan cinta kasih missioner sebagai dukungan material bagi karya misi di gereja-gereja yang paling membutuhkan.

Saya telah membentuk Team Kerja Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan. Team ini akan menyusun Term of Reference sekaligus menentukan, mengkomunikasikan berbagai prakarsa pastoral yang akan dilaksanakan untuk mengisi Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda selama satu tahun ke depan.

Kita telah memulai dengan mendoakan intensi-intensi misi dalam doa rosario selama Bulan Rosario, Oktober 2019 ini. Kita juga diminta mulai dari hari pemakluman ini mendoakan Doa Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda yang dipersiapkan dan disebarkan kepada seluruh umat untuk didoakan bersama sesudah komuni dalam Perayaan Ekaristi mingguan selama Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda ini.

Bentuk-bentuk prakarsa lain yang dinilai penting dan berguna untuk dilaksanakan agar tujuan Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda dapat dicapai selaras dengan harapan Paus Fransiskus sebagaimana disampaikan di atas akan disampai pada waktunya kepada para pastor, pimpinan

kongregasi, lembaga, serikat dan kelompok kerasulan oleh Tim Kerja Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda.

Marilah kita memanfaatkan masa penuh rahmat Tahun Misi Luar Biasa Keuskupan Agung Samarinda ini secara berdaya guna untuk bersyukur atas buah-buah semangat dan karya misi yang telah bertumbuh dan berkembang, tetapi juga berdoa dan sekaligus secara nyata mempertahankan serta menggelorakan kembali semangat misi yang telah dikobarkan oleh Paus Benedictus XV melalui Maximum Illud 100 tahun yang lalu agar semakin berlimpah buah perutusan Gereja bagi keselamatan umat manusia dan seluruh dunia. Tuhan memberkati.


Samarinda, 20 Oktober 2019

Bertepatan dengan Hari Minggu Misi ke-93

Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF
Uskup Agung Samarinda

Dokumen dapat di download dalam bentuk PDF

https://drive.google.com/file/d/16NTJDmtFcIU3uUS8ml1vmd2nJBfYSDag/view?usp=drivesdk

Leave a Reply