261 Krismawan dan Krismawati resmi menerima Sakramen Krisma

Paroki St.Lukas Temindung Samarinda, Minggu, (15/09/2019) sebanyak 261 Krismawan dan Krismawati resmi menerima Sakramen Krisma yang diberkati langsung oleh Uskup Agung Samarinda, Mgr.Yustinus Harjosusanto.MSF

Sebelum penerimaan krisma, para calon krisma melakukan pengakuan dosa pada Selasa (10/09/2019) pukul 17.00 – 20.00 WITA diawali dengan Ibadat Tobat. Pengakuan dosa sangat diwajibkan sebelum menerima Sakramen Krisma supaya para calon krisma dalam keadaan layak yang artinya bebas dari dosa-dosa berat yang belum diakui.

Dalam Misa ini, para calon penerima Krisma maju satu persatu didampingi wali penguatan pada masing-masing kategori yang terdiri dari remaja dan dewasa, calon kemudian menyerahkan nama krisma kepada Pastor Prilion yang mendampingi Bapa Uskup dalam pemberkatan minyak Krisma, kemudian berlutut di hadapan Bapa Uskup, menundukkan kepala,menyerahkan diri, membuka hati untuk menerima tanda karunia Roh Kudus, sementara itu wali penguatan memegang bahunya. Kemudian Uskup membuat tanda salib pada dahi para penerima, dengan ibu  jari yang telah dicelupkan kedalam minyak Krisma, dengan ini penerima Krisma siap ditugaskan untuk menyebarkan damai Kristus kepada dunia.

Sebelum berkat akhir.
Salah satu wujud kegembiraan disampaikan Uskup Agung Samarinda usai Misa penerimaan Krisma ini, melalui pantun Mgr. Yustinus berpesan.

“Bolu kukus diatas napan, napannya bagus merah warnanya, karunia Roh kudus telah dicurahkan, jadilah saksi Kristus apapun keadaannya”

“Ikan jelawat rasanya lezat, lebih nikmat sambalnya terasi, ucap selamat dan proficiat, makin semangat Tuhan memberkati”.
Tutur beliau yang disambut tepuk tangan meriah oleh umat yang hadir.

Usai Misa krisma ini, acara dilanjutkan dengan ramah tamah bertempat di Aula Bina Warga St.Lukas dan berfoto bersama.

Proficiat kepada 261 penerima Sakramen Krisma, orang tua dan wali penguatan, para pembina serta Panitia.  Selamat bertumbuh dalam iman bersama Roh Kudus dan menghasilkan buah-buah Roh dan kebaikan.

Leave a Reply