Pembinaan Iman Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bimas Katolik Provinsi Kaltim 2019

Bertempat di Rumah Retret Bukit Rahmat Putak tanggal 3-5 Agustus 2019, telah berlangsung kegiatan Pembinaan Iman dan Spiritual Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bimas Katolik Provinsi Kalimantan Timur 2019, hadir sebagai Narasumber, Bapa Uskup Keuskupan Agung Samarinda, Mgr.Yustinus Harjosusanto.MSF, Pastor Dr. Alf Krismiyanto,  M.Hum,Pr (Dosen IPI Malang,  Ketua Komlit Keuskupan Malang dan Pastor Paroki Yoh Pemandi Malang), Bapa Kamilus Inguliman,  S. Pd,  MM,  CH,  CHT (Direktur Tyas Militia Study, Trainer,  Konselor, Trapih & Motivator )
dan Kakanwil Kemenag Kaltim.

Sekitar 60 Peserta hadir dalam pembinaan iman ini. Selaku penanggung jawab kegiatan, Bapak Longginus, SS menjelaskan Kegiatan ini difokuskan kepada guru dan pegawai dalam lingkungan atau yang berkaitan dengan Bimas Katolik Kanwil Kemenag Kaltim.

“Kegiatan pembinaan dari Bimas Katolik tahun ini memang kita fokuskan kepada guru dan pegawai yang berkaitan dengan Bimas Katolik. Lalu untuk memenuhi slot yang ada, kita juga mengundang teman-teman dari guru dinas dan yayasan” terangnya.

Kegiatan pembinaan ini mengusung tema ” Melalui Pembinaan Iman dan Spritual Tenaga Pendidik dan Kependidikan, kita tingkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat” dan output yang diharapkan ialah, para peserta disegarkan kembali dalam semangat dan motivasi.

“Mereka sudah berkarya sekian lama sehingga perlu adanya penyegaran kembali” tambah beliau

Selain itu, diharapkan pula para peserta mampu disegarkan akan misi perutusannya sebagai kaum awam Katolik,  untuk berkarya ditengah dunia dewasa ini.

Dok: Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF: penyampaian materi Fokus Pastoral KASRI 2019
Dok: Sesi tanya jawab kepada para peserta
Dok: Para peserta Pembinaan Iman Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bimas Katolik Provinsi Kaltim 2019
Dok: Mgr. Yustinus Harjosusanto.MSF bersama Para peserta Pembinaan Iman Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bimas Katolik Provinsi Kaltim 2019

Beberapa materi yang disampaikan Narasumber antara lain, Pastor Dr. Alf Krismiyanto, menyampaikan tetang peran kaum awam dalam tata dunia, dibantu oleh Bapak Kamilus Inguliman menyampaikan tentang interaksi dan kerja sama serta bagaimana membangun team kerja yang efektif, Bapa Uskup  Mgr. Yustinus Harjosusanto.MSF menyampaikan tentang arah Fokus Pastoral KASRI tahun 2019.

Mengenai para peserta, Bapak Longginus menambahkan.

“Sejauh ini saya lihat respon peserta cukup senang dan berharap kegiatan seperti ini dapat di agendakan rutin” terang Pembimas Katolik Prov Kaltim ini

Pada sesi terakhir, diadakan post test bagi para peserta. Manfaat dari diadakannya post test ini adalah untuk memperoleh gambaran setelah berakhirnya penyampaian materi, sehingga akan diketahui seberapa jauh efek atau pengaruh dari penyampaian materi yang telah diberikan.*

Leave a Reply