Rapat Perdana Panitia Borneo Youth Day 2020

Bertempat di Aula Bina Warga Paroki St.Lukas Temindung Samarinda, Rabu (20/07/2019), telah dilangsungkan rapat perdana Borneo Youth Day 2020. Dihadiri oleh Mgr. Yustinus Harjosusanto.MSF, Pastor Petrus Prilion MSF, Pastor Teddy Aer.MSF, RD. Klaudius Sani Sapo dan segenap panitia pelaksana.

Pada rapat kali ini, untuk pertama kalinya para panitia dipertemukan satu sama lain antar divisi dan ada beberapa hal yang menjadi agenda rapat perdana panitia BYD 2020 ini.

  • Pengarahan oleh Bapa Uskup, Mgr. Harjo
  • Penjelasan Umum oleh RP. Tedy
  • Koordinasi Para Panitia BYD 2020 oleh RD. Dius

Informasi dari Notulen rapat perdana panitia BYD 2020 ini, Uskup Agung Samarinda, Mgr Yustinus Harjosusanto.MSF menyampaikan arahannya : “Pada jaman ini khususnya, formasi orang muda sungguh sangat penting dan mendesak. Pada dunia yang modern ini, orang muda arif dan bijaksana atau larut dalam perkembangannya. Hal ini menjadi perhatian para pemimpin gereja sehingga ada WYD, AYD, IYD dan Temu Raya Keuskupan, sehingga lebih banyak orang muda yang disapa dan didampingi”

Mgr.Harjo berpesan
BYD adalah formasi, sehingga perlu penyadaraan baik dari orang tua maupun orang muda. Bidikan yang penting, Pertama: saatnya OMK internalisasi nilai (dipahami dan dipraktekkan) lalu disosialisasikan. Sosialisasi OMK sangat terbatas karena terfokus pada medsos, bukan pertemuan secara langsung sehingga muncul rasa canggung dalam diri OMK. Kedua, Perlu ada pertemuan dengan scope yang luas, budaya yang berbeda. Ketika ada penampilan budaya lain, perlu ada apresiasi bukan hanya sekedar menonton. Ketiga, kreativitas OMK untuk lebih ditingkatkan sehingga memberi inspirasi. Keempat, dialog dengan lintas iman untuk membangun toleransi.

Mari teman-tema Kasri Youth, persiapkan diri Kita dalam menyongsong Borneo Youth Day 2020. Tuhan memberkati

(*KomkepKasri)

Leave a Reply