Perayaan Ekaristi Syukur 25 tahun Kaul Membiara Suster Alberta. MASF

Bertempat di Kapel Santo Paulus dan Petrus Samarinda. Berlangsung pada Senin  01 Juli 2019. “Ikutlah Aku”, tema sekaligus moto hidup Sr. Alberta, MASF yang dikutip dari Injil Matius. Tema dan moto ini berbicara bahwa Sr Alberta dapat setia menjalani hidup membiara selama 25 tahun. Karena Yesus sendirilah yang memanggilnya untuk mengikuti Dia; mengikuti Yesus dalam Kongregasi MASF. Kesetian Sr. Alberta, MASF mengikuti panggilan Yesus dijalankannya pada masa Aspiran, Postulant, Novisiat dan kaul pertama pada tanggal 25 Juni 1994 di Surakarta. Serta kaul kekal pada tanggal 15 Agustus tahun 2003 di Paroki Kristus Raja Barong Tongkok.

Perayaan Ekaristi Syukur, dimulai pada pukul 17.30 wita, dipimpin oleh Yang Mulia Uskup Agung Yustinus Harjosusanto, MSF sebagai Selebran utama. Dan konselebran RP Damianus, OMI dan RD.Moses Komela Avan. Serta para pastor yang mengikuti berjumlah 6 orang. Dalam homili, Yang Mulia Uskup Agung Yustinus Harjosusanto, MSF menitikberatkan pada tema dan motto “Ikutlah Aku”: diawali dari narasi dialoq Abraham dengan Yahwe, mengenai Sodom dan Gomora. Setelah itu, masuk dalam inti homili mengikuti Yesus harus lepas bebas tanpa keterikatan atau kelekatan ‘Anak Manusia tidak ada tempat untuk meletakkan kepalaNya’. Keterikatan atau kelekatan pada hal-hal duniawi”. Setelah homili pestawati, Sr. Alberta MSF didampingi Sr. Marta, MASF maju ke depan Altar berlutut. Dinyanyikan lagu Datanglah Roh Maha Kudus. Setelah nyanyian selesai, Sr. Alberta, MASF membaharui janji setia yang diikrarkan pertama kali, pada 25 tahun yang lalu. Di hadapan Tuhan dan di hadapan Gereja umat Allah. Liturgi, koor dari kelompok OMK Paroki Katedral, tarian perarakkan dari Asrama Kartini. Umat yang hadir sebagaian besar para tamu undangan para pastor, para suster, para keluarga dan kerabat atau sahabat MSF, serta para donatur.

Setelah perayaan Ekaristi dilanjutkan pengumuman dan sambutan: sambutan yang diwakili keluarga, pestawati, pimpinan MASF Indonesia dan Bapak Uskup. Dan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Sambil menikmati hidangan makan, para tamu undangan dihibur tampilan-tampilan, komunitas-komunitas suster MASF, yang berkarya daerah Samarinda dan Balikpapan.

Leave a Reply