Misa Penutupan Jambore Sekami Kasri 2019

Kemeriahan acara Pertemuan Jambore Sekami Se-Keuskupan Agung Samarinda yang berlangsung di Barong Tongkok, Katolik Center Thomas Aquinas tanggal 25-28 Juni 2019 telah berakhir. Berakhirnya Jambore Sekami dengan diadakannya Perayaan Ekaristi Jumat (28/06/2019).

Dimulai pada pukul 09.00 wita, dalam misa penututupan, Yang Mulia Uskup Agung Yustinus Harjosusanto, MSF sebagai Selebran utama dan para Konselebran, Pastor Sam Ayeq, dan pastor Hendi serta para Imam yang mengikuti Jambore sekitar. Dalam homili, Mgr Yustinus Harjosusanto menititik beratkan pada “Pengalaman diGembalakan: kita belum pernah menjadi gembala, tetapi kita semua pernah mengalami pengalaman digembalakan. Kita di gembalakan oleh orang tua; oleh guru; oleh pendamping Sekami; oleh Pastor. Dan kita semua digembalakan oleh gembala Agung. Dalam Mazmur tanggapan, ‘Tuhanlah Gembalaku, tak kan kekurangan aku’. Gembala Agung kita, ialah Yesus Kristus. Sebagai satu kawanan, kita harus hidup berdamai. Dengan ujud konkrit, yaitu saling mengampuni atau saling memaafkan. Jumlah 1537 orang peserta Jambore larut dalam kemeriahan liturgi: koor dan tarian perarakan dari paroki Tering, pemazmur dari paroki Barong Tongkok, lektor/tris dan doa umat meriah dari Paroki Melak.

Kemeriahan ini membuat Perayaan Ekaristi penutupan tidak terasa. Pada pukul 11.00, perayaan Ekaristi penutupan Jambore berakhir. Setelah perayaan Ekaristi, dilanjutkan pengumuman dan sambutan: dari ketua panitia, dari perwakilan pemerintah dan terakhir dari Uskup Agung. Setelah pengumuman dan sambutan, dilanjutkan dengan pembagian hadiah yang diberikan kepada para pemenang lomba dan cindramata kepada para paroki-paroki peserta Jambore Se-Kasri. Setelah itu, makan bersama. Sekitar pukul 13.00 wita, dilanjutkan dengan sayonara: “Sayonara-Sayonara, sampai berjumpa lagi”

Sampai berjumpa para Misioner cilik, teruslah menjadi Misioner sejati, membangun dan mengembangkan gerakan doa, derma, korban, dan kesaksian (2D2K)

Leave a Reply