Tanggap Bencana Banjir Samarinda

Keuskupan Agung Samarinda berusaha mengambil bagian dalam kepedulian kemanusiaan dengan terlibat dalam tanggap bencana banjir yang melanda Samarinda dalam beberapa hari ini.

Setelah berdikusi dengan Ketua Karitas Keuskupan Agung Samarinda, tentang kemungkinan ketua Karitas Keuskupan Agung Samarinda, P. Heribertus Hibau, untuk ikut mengkoodinir dan memantau pelaksanaan penyaluran bantuan, serta berkomunikasi dengan para relawan yang secara optimal dapat ikut terlibat, maka Vikjend Keuskupan Agung Samarinda mengontak Karitas Konfrensi Wali Gereja Indonesia untuk mengakses bantuan tanggap bencana. Komunikasi ini ditanggapi positif dan sangat responsif-aktif oleh Karitas KWI untuk membantu tanggap bencana banjir Samarinda melalui Karitas KASRI. Maka, aksi tanggap bencana ini dilaksanakan oleh Karitas Kasri bersama para relawan.

Para relawan pun bergerak untuk mengadakan dan menyiapkan paket bantuan (14 Juni 2019) Selanjutnya distribusi bantuan dilakukan dan P. Heri terjun langsung ikut bersama para relawan untuk mendistribusikan bantuan door to door kepada masyarakat terdampak (15 Juni 2019).

Demikianlah aksi ini tidak hanya mengadakan dan mengantar bantuan ke posko bantuan tetapi berusaha mamancarkan keberpihakan kepada bagian masyarakat terdampak yang kurang tersapa dipinggiran. Hal ini dilakukan berdasarkan informasi bahwa ada daerah-daerah pinggiran yang kurang tersapa dan kurang terjangkau dalam penyaluran bantuan. Prefrensi kasih kepada yang paling lemah. Ubi caritas Deus ibi est. (GDAM)

Leave a Reply