WKRI Bijak Berteknologi dan Berkobar-kobar Mewartakan Injil

Sendawar- Jumat, 24 Mei 2019, WKRI Paroki Kristus Raja Barong Tongkok mengadakan Paskah bersama dan seminar di Aula Paroki Kristus Raja Barong Tongkok.

Paskah WKRI ini mengambil tema “Bijak berteknologi menuju Kalimantan baru”. Sedangkan materi seminar diberikan oleh Pastor Tarsy Asmat MSF dan dari Komisi pemberdayaan perempuan dan anak Kabupaten Kubar, Ibu Bety.

Pastor Tarsy mengajak WKRI untuk berkobar-kobar mewartakan Injil di tengah masyarakat Kutai Barat. Untuk itu WKRI sebagai ormas Katolik pertama-tama berakar pada Iman Katolik dalam menjalankan visi misinya baik internal maupun eksternal.

Sebagai Ormas WKRI harus tanggap dan peka terhadap situasi dan masalah sosial, kemudian mampu merumuskan sehingga dapat membuat program yang menjawab persoalan sosial dan gereja atau dengan kata lain WKRI harus melakukan Ansos. Misalnya disekitar Paroki Kristus Raja saja sudah sering terjadi bunuh diri di kalangan anak muda.

Pastor Tarsy berharap agar WKRI tanggap terhadap persoalan tidak hanya persoalan gender, KDRT tetapi juga persoalan anak-anak yang terjerat masalah dan sebagainya.

Dok: WKRI Bijak Berteknologi dan Berkobar-kobar Mewartakan Injil

Sebagai Ormas, WKRI didorong untuk terlibat berikan kesaksian Injil tidak hanya di sekitar altar tetapi juga di tengah masyarakat yang plural dan majemuk budaya, agama dan suku.

Sedangkan Ibu Bety memberikan materi pemahaman pola asuh anak di tengah pengaruh teknologi informasi. Orang tua tidak hanya sekedar melarang anak-anak untuk bijak berteknologi tetapi mereka juga harus memberi keteladanan karakter yaitu contoh baik yang ditiru oleh anak-anak.

Teknologi disatu sisi bertujuan baik tetapi disisi lain juga mendatangkan hal negatif bagi rumah tangga dan anak-anak. Ibu Beti juga mengharapkan para ibu WKRI untuk peka pada perkembangan mental dan prilaku anak-anak. Sebab, cinta berawal dari rumah dan cinta hidup di rumah dan keluarga, tandasnya.

Acara WKRI kemudian ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Tarsy Asmat MSF.

Ketua WKRI Cabang Barong, Bu Vetro, dalam sambutannya mendorong anggota-anggotanya untuk berperan aktif lagi, memperluas peran WKRI dan proaktif serta inisiatif menanggapi persoalan yang terjadi di Kutai Barat.(*P. Tarsy Asmat MSF)

Leave a Reply