Mengunjungi Stasi Santo Ignasius Sinar Alam Kecamatan Batu Ngau Kabupaten Paser

kunjungan Paskah kali ini, RD Remanus bersama rombongan berangkat dari Paroki Alleluia Tanah Paser menuju Stasi Santo Ignasius Sinar Alam, Selasa ( 21/05/2019).

Waktu tempuh bisa mencapai 2-3 jam lebih untuk sampai ke Stasi tersebut. Dengan pertimbangan ini, Pastor bersama dengan rombongan berangkat pada pukul 13.00 Wita dan tiba di Stasi pada pukul 15.30 Wita.

Sesampainya di Stasi, Pastor serta rombongan ditunggu dan disambut oleh umat yang sudah hadir lebih dulu, dengan disugguhkan minuman yang menyegarkan dan melepaskan dahaga selama perjalanan sambil beristirahat sejenak.

Perayaan Ekaristi dimulai pada pukul 16.15 Wita, Liturgi yang digunakan ialah Minggu Paskah ke V , para petugas Koor pada perayaan Ekaristi ini ialah kelompok para Ibu-ibu dari Stasi tersebut, sedangkan para petugas Lektor ialah dari kelompok Bapak-bapak, anak- anak Sekami pun turut terlibat dalam Perayaan Ekaristi ini, yaitu sebagai penari saat perarakan. Perayaan Ekaristi ini dihadiri oleh 80 orang termasuk anak-anak.

Dalam homilinya, Pastor Remanus mengajak umat untuk bersyukur karena atas kasih Allah, kasih Allah dalam dan melalui Yesus Kristus yakni “Kita harus menyadari akan kasih Allah, serta mewujudkanNya dengan saling mengasihi satu sama lain; dengan saling mengasihi, semua orang akan tahu bahwa kita adalah murid-murid Kristus”.

Setelah perayaan Ekaristi acara dilanjutkan dengan pengumuman dan sambutan: pengumuman disampaikan oleh Bapak Hendrikus Ketua Stasi, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Rasdiana Girsang selaku pengurus dan pendamping Sekami, menyampaikan tentang latar belakang pembentukan Sekami, yakni karena ada anak yang belum bisa membuat tanda salib dan belum ada guru Agama Katolik di sekolah, sementara anak-anak yang beragama Katolik bisa mencapai 20-30 orang.

Usai penyampaian kata sambutan, acara dilanjutkan dengan Paskah Sekami, Paskah Sekami ini dimeriahkan dengan berbagai lomba dan permainan, yakni mencari ayat emas, cerdas cermat Alkitab, lomba karung, memasukan pensil dalam botol dan mencari telur Paskah.

Pada kesempatan ini juga Sekami mengadakan buku iuaran, dengan tujuan melatih anak-anak dalam mengelola uang saku yang diberikan orang tua, uang yang tersimpan dibuku iuaran akan dikembalikan ke setiap orang pada akhir tahun.

Usai lomba, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah. Setelah itu, sekitar pukul 17.30 Wita dilanjutkan santap malam bersama, doa dipimpin oleh Pastor Remanus, sambil menikmati santapan, Pastor dan umat dihibur dari nyanyian dan gerakkan dari anak-anak Sekami.

Leave a Reply