Perayaan Gaudium Domesticum bagi Imam Baru

Rabu 8 Mei 2019, Keuskupan Agung Samarinda melangsungkan Gaudium Domesticum, bagi RD Sirilus Hendri Santoso dan RD Oktavianus Bruno Mithe. Gaudium Domesticum di dahului dengan, Perayaan Ekaristi pada pukul 18.00 yang dipimpin langsung oleh ke dua Imam baru, RD Moses Komela Avan mewakili Imam Diosesan dan Bapa Uskup, sedangkan RP Kasmir Agung, MSF sebagai selaku yang menerima atas nama Wisma Keuskupan Agung Samarinda.

Dalam homili, RD Sirilus Hendri Santoso membuka dari Bacaan pertama mengenai Stefanus yang sudah selesai menjadi Diakon, ketika mendapat upah sebagai Martir. “Saya (RD Hendri dan RD Barce) telah selesai menjadi Diakon, belajar dari kemratiran Stefanus yang mampu bertahan kerena mencintai dan mengamini apa yang telah dicintai, yaitu Kristus yang lebih dahulu mencintai kita” ungkap RD Hendri. Kristus yang lebih dahulu mencintai inilah yang harus diimani dan diwartakan dengan sukacita

Dalam Perayaan Ekaristi ini para Seminaris mengambil bagian dalam liturgi yaitu sebagai Koor dan Lektor. Turut hadir pula Para Suster yang berasal dari wilayah Samarinda (Suster MASF, Suster SPM, Suster FSE, Suster PRR) serta para Pastor dari beberapa Paroki di luar Samarinda yang masih bermalam di Samarinda usai Tahbisan Imam baru tersebut (paroki Arnoldus Jansen, RD Herybertus Hibau dan Yosef Jenau, paroki Alleluai Tana Paser, RD Yohanes Yandri Goran Kosa, RD Jonas Pablea dan RD Remanus, paroki Paulus Tiong Ohang, RD Stefanus Hartoyo dan RD Fabianus Lana, paroki Santo Yosef Long Pahangai RD Trisno, paroki Petrus Ujoh Bilang RD Ignasius Ding Jenau, paroki Hati Kudus Yesus Laham RD Agustinus Dale, paroki Gembala Baik Ritan Baru RD Agustinus Dera, paroki Hati Kudus Yesus Mangkupalas RD Yohanes Ola Keda, RD Thomas Toang dan para Pastor dari Seminari RD Donatus, RD Puput Anis, RD Silvanus serta Seketaris Keuskupan dan Rektor STKPK BI RD Wilfiridus).
Kehadiran mereka, terkhusus para Pastor Diosesan Samarinda merupakan wujud ungkapan syukur, kegembiraan serta sukacita atas bergabungnya dan bertambahnya tenaga Pastoral Sakramental di Keuskupan Agung Samarinda.

Setelah Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah bertempat di Wisma Keuskupan lantai satu. RD Jonas Pablea dan RD Puput Anis sebagai MC acara ramah tamah ini, menyampaikan selamat untuk dua Imam baru, RD Hendri dan RD Barce ” Kita Punya Adik baru” ungkapnya yang disambut gelak tawa tamu undangan yang hadir.


Setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan-sambutan, pertama RD Moses Komela Avan, yang menititik beratkan alasan bergembira “Gaudium Domesticum”, bisa diartikan kegembiraan rumah’ kegembiraan rumah setempat’ menyambut Imam baru di rumah Keuskupan Agung Samarinda, Pastor Moses dalam sambutannya mengajak bersukacita, bersyukur karena Imamat bukan kebanggaan (prestasi), tapi anugerah yang dipercayakan kepada Gereja. Pastor Moses membagikan beberapa pengalaman dan wejangan “Bejana tanah liat” harus menjadi Martir bagi dirinya sendiri, karena Imamat tak melepaskan unsur kemanusian, serta ketaatan mutlak kepada Bapa Uskup, karna mengambil bagian dari kepenuhan Imamat Uskup serta bekerja sama menjalankan reksa Pastoral Keuskupan.

Sambutan ke-dua dari ketua Unio, RD Willfridus, menitik beratkan pada rumah kita, yaitu Keuskupan Agung Samarinda, di manapun kita di tugaskan jalanilah dengan sukacita Pastor Will juga menceritakan beberapa pengalaman dan tantangan saat menjadi Pastor ” Saya ini kalau ada orang naksir saya karna saya seorang Pastor saja, coba kalau tidak, saya dorong sepeda di Kampung Jawa saja mungkin tidak ada yang perduli” tegasnya yang sambut gelak tawa para Imam dan Tamu undangan, oleh sebab itu tetaplah rendah hati, jangan tertipu dengan jabatan yang membuat kita lupa akan diri kita.
Pastor Will juga mengajak agar belajar dari pengalaman dan nasehat dari rekan-rekan Imam, terkhusus Imam yang telah menjalani Imamat dengan sukacita, jatuh bangun telah mencapai dan melewati Pesta Perak (RD Mangun, RD Habing, RD Ding, RD Sam), melalui kerendahan hati itu, kita bisa belajar mendengarkan dengan setia.


Sambutan selanjutnya disampaikan oleh kedua Imam baru yakni RD Hendri dan RD Barce, menyampaikan terima kasih untuk semua yang boleh dialami dan tetap berharap nasehat dan dukungan dan doa. Selesai sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh Ekonom Keuskupan RP Kasmir Agung dan Vikjen Keuskupan RD Moses Komela Avan kepada RD Hendri dan RD Barce, dan dilanjutkan dengan doa makan malam oleh RD.Fabianus Lana.

Leave a Reply