Jelang Misa Krisma : Para Imam KASRI Rekoleksi Bersama

Dok: Panitia

Telah berlangsung Pertemuan dan Rekoleksi Para Imam Keuskupan Agung Samarinda di Rumah Ret-ret Bukit Rahmat Putak pada tanggal 2-4 April 2019. Di ikuti oleh 59 orang terdiri dari Imam, Bruder, Diakon dan Frater, pertemuan dan rekoleksi para Imam Keuskupan Agung Samarinda ditutup dengan Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral Santa Maria Penolong, beralamat Jalan Jenderal Sudirman No.36.

Dok: Panitia

Rekoleksi Bersama

Pada hari Selasa, 2 April 2019 ucapan selamat datang di sampaikan oleh Seketaris Jendral, RD. Wilfridus Samdirgawijaya, doa pembuka oleh RD Thomas Puput Anis Biarntoro dan kata sambutan oleh MGR. Yustinus Harjosusanto, MSF, Beliau juga menyampaikan beberapa materi yaitu “Penyalahgunaan Wewenang Jabatan dalam Hal Pelecehan Seksual”, terkait persoalan yang perlu di antisipasi Gereja Katolik saat ini. Pertemuan ditutup dengan doa oleh RP Kasmirus, MSF

Dok: Panitia

Rabu, 3 April 2019 kegiatan di awali Ibadat pagi pukul 06.30 Wita. Materi pertama, disampaikan oleh RD. Moses Komela Avan : ” Tribunal, Proses Pengadilan Kasus Perkawinan”. Materi Kedua oleh MGR. Yustinus Harjosusanto, MSF : ” Pastoral Keuskupan Agung Samarinda tahun 2019″. Materi ketiga, oleh RP. Kasmir, MSF: “Rekap Dana Solidaritas Antar Paroki (DASP) Bulanan Paroki”.

Dok: Panitia

Dilanjutkan dengan Rekoleksi II , rekoleksi didampingi oleh RP. Antonius Rajabana, OMI. Di buka dengan Perayaan Ekaristi, setelah itu, Beliau mensharingkan pengalaman mencintai dan dicintai oleh Tuhan, “melalui pengalaman “turunlah” Pengalaman mencintai, diperoleh karena “skill”, bukan karena pengetahuan.
“Turun” berarti turun bersama orang kecil, lemah, mengujungi orang dipenjara. “Skill” berarti latihan terus menerus, dengan mendengar dan membacakan sabda Tuhan”.demikan ungkapnya.

Misa Krisma dan Pembaharuan Janji Imamat

Pertemuan dan rekoleksi para Imam Keuskupan Agung Samarinda, ditutup dengan Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral Santa Maria Penolong, beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No.36. Perayaan Ekaristi dimulai Pukul 18.30 Wita. dipimpin oleh Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF sebagai selebran utama, RD Moses Komela Avan dan RD Wilfridus Samdrigiawijaya sebagai konselebran.

Misa Krisma dan Pembaharuan Janji Imamat.Gereja Katedral Samarinda(04/04/19)

Dalam Perayaan Ekaristi ini Para Pastor memperbaharui Janji Imamatnya dihadapan Uskup dan umat yang memenuhi gedung gereja. Setelah itu, diberkati tiga jenis minyak:

1. Minyak Katekumen atau Oleum Catechumenorum : Pada wadah dari minyak ini ditulis OC. Minyak ini dipakai Imam untuk pemberkatan calon baptis.

2. Krisma Suci atau Sacrum Crisma : Pada wadah dari minyak ini ditulis SC. Minyak ini dipakai Uskup dan Imam untuk macam-macam Tahbisan Uskup dan Tahbisan Imam, untuk sakramen Krisma, untuk pengudusan altar, pengudusan gereja, pengudusan lonceng gereja, dan lain-lain.

3. Minyak untuk orang sakit atau Oleum Infirmorum : Pada wadah dari minyak ini ditulis OI. Minyak ini dipakai Imam untuk pengurapan orang sakit.

Leave a Reply